Borobudur dan 50.000

Kemaren baru aja ke Borobudur, 
Lucu nya nih ya banyak orang merasa mahal dengan tiket Rp 30.000,- untuk masuk ke sana. Padahal mereka tidak keberatan sama sekali untuk nonton the amazing spiderman seharga itu pula =))

Sempet sih pesimis tidak jadi berangkat, entah datang dari rasa malas dan sedih gak ada teman yang mau ikut. Mungkin kita terlalu asyik dengan gadged dan dunia internet ya? 
Tapi tak apalah....yang penting niat dan nekat!
kubilang gini ...
"Christ, ini kalau gak ada temen yang ikut kita tetep berangkat ber-2 aja ya? ada gak nya orang kita tetep berangkat, jangan cuma wacana doank!"
teman saya pun menyetujuinya

Berangkat tuh ber -2 bersama teman baik ku, 
lucu nih momen-momen saat berangkat
dari telat bangun, gile ya...rencana pagi mau berangkat biar bisa lama disana, jam 8, eeeehhhhhhhh gw bangunnya jam 10! capeeee deeeeeeeeeeeeeeee!
dalam hati ku, "terimakasih untukmu teman yang setia menungguku walau dengan marah-marah..hehehe"

pilihan sih ada dua..pergi ke borobudur pakai motor kharisma 125 atau mio. Hmmm, sepertinya lebih enakan motor kharisma ya kalo untuk luar kota..temanku pun mengiyakan. Sesaat kemudian, CAPCUZZZ !!

1jam lama nya nih nyampe di Borobudur, maklum weekend jalanan macet. Tentu saja dengan kecepatan 60-80 km, bagi cowok mungkin itu angka yang kecil yaa...emang sih aku naek motor gak pernah kenceng-kenceng hehehe.

Nyampai Borobudur, langsung aja antri beli tiket.....(wuiiih mbak nya yg jaga loket cakep >.<...mbak i laph yuuuuuuu....). Lagi pengen kenalan sama mbaknya, eh gak jadi dahh...duit tinggal 20ribu di dompet..cuma bawa 50ribu siiiihh....takut mbaknya minta jajan ma aku >.< mwahahaha
Dapet dua tiket langsung masuk ke pintu masuk, disini agak kaget juga.....ada security check nya! ada petugas berseragamnya! mantab banget dah! mungkin karena sudah merupakan warisan budaya dunia, jadi agak diperhatikan ya sama pemerintah.

"boleh juga nih pelayanan dan fasilitas borobudur..."

masuk agak bingung kaya orang ilang...temen gw tanya ke gw, yang sebenarnya gw juga mau tanya ke dia pertanyaan yang sama.."ini candinya mana yaaaak?"
seperti kebanyakan orang Indonesia umumnya, yang menerapkan prinsip "malu bertanya, gak usah tanya aja".
kita nekat memakai instink! padahal di samping ada tulisan "information centre", bodoo amat...gw malu tanya >.<
untung instink kita benar karena dapat pencerahan dari robotcop! kelihatan candinya! 

Borobudur Temple

 temen gw antusias banget, kalo gw sih...antusias, tapi karena porsi badan gw yang gueedeee..kesel gw sama temen gw yang jalannya cepet-cepet naek tangga. Capeeee! Tapi bukan zebeh namanya kalo gak punya taktik mengelabui teman sendiri, 
5-6 tangga gw berhenti bentar foto-foto....padahal aslinya lagi ambil napas buat naek lagi itu hehehe, seperti foto ini nih :p, tuh yang pake ransel hitam teman gw yang napsong banget mau ke candi nya...




nah karena semuanya serba mendadak dan serba gak jelas tanpa persiapan, gw sama temen gw puterin tuh borobudur lengkap dengan relief2nya, sok-sok baca dan kenal sejarahnya...kita pun menceritakan relief dengan asal-asalan,
seperti relief2 ini...

gambar apaa hayo inii? temen gw bilang sih itu kumpulan orang yang meminta sesuatu ke dewata, kalo gw bilang sih mereka lagi antri bbm >.< (just kidding loh)

nih ada lagi ....

ini kupikir gambar kasih sayang seseorang kepada orang lain, karena ada gambar orang duduk mengulurkan tangan ke orang-orang dibawahnya. Seperti raja, atau penguasa yang adil begitulah...yahh namanya juga sok tau, harap maklum kalo salah hehehe

busyet ada relief manusia dan hewan juga loh! lengkap dengan pohon2nya....menarik ternyata ya


 hewan apa tuuh hayoo? banyak hewan di relief borobudur ternyata! ada sapi, gajah, kera, kuda...


Eit's jangan salah! ada kapal juga looooh leengkap dengan nahkodanya yang ganteng!


Kapal ini pernah di bikin replikanya juga namanya SamudraRaksa, kerena gw tertarik sama kapal ini gw bikin coretan loh, coba lihat coretan gw di forum kompasiana tentang kapal ini.

Hebat-hebat ya relief ini, warisan nenek moyang yang didirikan pada zaman Sriwijaya. Tercatat butuh dua abad untuk menyelesaikan mahakarya borobudur ini, mulai dari abad ke-8 sampai abad ke-10. Relief nya ceritanya aslinya ada dua cerita, relief yang paling bawah candi menceritakan tentang karma. Dosa dan kebaikan pasti selalu mendapat balasan. Sedangkan relief yang tengah candi, menceritakan tentang kedatangan buddha dan persiapan untuk menyambut kelahirannya (nahhh...mulai kelihatan deh gw sok tau di atas tadi hehehe). Cerita relief-nya dimulai dari east gate kemudian memutar searah jarum jam. Jadi kalo ada orang tanya kenapa kita harus masuk lewat east gate dan kenapa harus memutar searah jarum jam udah pada tau kan maksudnya apa..hehehe...Menarik ya!

Sayang seribu sayang, sepanjang jalan relief ini terukir, sedikit sekali turis Indonesia yang mau memperhatikan dan membacanya. Ada juga kalo yang lewat itu cuma numpang mejeng ngeksis pake foto-foto dengan tujuan "saya pernah ke borobudur looo", capeee dehhh...!
Waktu memutari relief ini, saya lihat ada orang Jepang dengan guide nya...memperhatikan dengan seksama arti relief-relief ini, guide nya menjelaskan dan orang Jepangnya sangat antusias mendengar penjelasan tersebut. Kalo Indonesia, boro-boro liat relief-nya, gw malah disuruh minggir karena ngalangin pemandangan buat foto-foto, hikzzz...

bagian teratas candi Borobudur sangat bagus, pemandangan sangat indah dan sekaligus tempat terfavorit dari para wisatawan...ya bagian arupadhatu adalah tempat paling favorit. Eit's jangan kalian bilang gak tau arupadhatu lohhh! masa sekolah bertahun-tahun rupadhatu, kamadhatu, arupadhatu aja gak ngerti? hehehe!
Disini banyak sekali wisatawan nya, ya memang di Borobudur seolah-olah wisatawan terpusat di dua titik. Pertama di bawah, mereka yang dibawah ini mau naek ke atas atau hanya sekedar santai-santai karena capek setelah naek ke atas. Yang kedua di atas sendiri, dengan pemandangan yang indah, seolah-olah tempat ini menyajikan sesuatu yang luar biasa. Lucu loh, diatas ada petugas yang berteriak-teriak dengan megaphone untuk melarang pengunjung duduk, memanjat, atau memasukkan tangan dalam patung tersebut. bahkan ada pengumumannya.



Tapi ya begitulah kita, peraturan dibuat untuk dilanggar? hahahha...

Setelah puas berada di atas, gw dan sahabat gw turun ke bawah bersiap untuk pulang. Dalam perjalanan pulang, kita harus melewati pasar dan disitulah kita diserbu pedagang yang mendekati dan menawarkan dagangan. Agak risih juga, tapi ya beliau-beliau ini kan berjualan kita harus menghargainya..tapi lucu juga loh penawarannya..
"mas limaribuan mas..."
"engga...pa'...maaf"
"ya udah deh mas sepuluhribuan dua mas"
"gak pa'..."
"kalo gitu duapuluh ribuan empat mas..."
" ...(ketawa gw...kalo ini mah bukan nurunin harga hahha....)..."

Akhirnya nyampai juga ke tempat parkir guyss! bayar dulu karcisnya Rp 3.000,- untuk motor kesayangan gw. Dan sepulangnya, rasa lapar dan haus memaksa saya dan teman saya mampir ke warteg! soto babat tambah bakso lengkap dengan kerupuk dua dan es teh double plus air es satu (maklum panas dan gak minum dari tadi, lebih tepatnya nahan minum gara-gara minuman di Borobudur mahal untuk ukuran kantong gw hehe)! harganya fantastis ..totalnya Rp. 10.750,-. 
Nih sotonya, enak loh :

nahhhhhhhh....jadi kalau di total-total, liburan ke borobudur itu biayanya (versi gw) :
Rp. 30.000,- (uang masuk)
Rp. 10.000,- (bensin 2 liter)
Rp.   3.000,- (parkir motor)
Rp. 10.750,- (mampir ke warteg)
Rp. 53.750,- (total liburan dadakan dari Jogja ke Borobudur)

nahh....murah kan? masih berpikir dua kali untuk kesana?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Burjo! |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.