dokter, jangan suntik gw!

Menurutmu?
pasien : "Jadi penyakit saya gimana dok?"
dokter: "saya sarankan untuk diberikan tambahan vitamin C, bisa dengan disuntik atau dengan obat"
pasien: " ......(tebak!)...."

ya, karena kebanyakan dari kita (pasien) tidak begitu mengenal istilah-istilah medis dan penggunaannya,
ada 2 opsi:
1.  kita akan memilih disuntik (walaupun engga' suka) dengan kondisi dokter meyakinkan kita bahwa suntik    bisa "menyembuhkan dengan cepat" (benar engga' nya jangan tanya gw..)
2. kita akan memilih suntik dan obat (ini tipikal orang totalitas, gak mantab deh kalau gak dikombo!)

sangat jarang dari kita, jika disodorkan pilihan untuk di suntik....kita akan say "NO!"
karena kita yakin, suntik adalah salah satu "jalan medis" yang dapat "menyembuhkan" setidaknya "mengurangi rasa sakit" lahh....

lalu, pernah gak kita berpikir.....
"koq gw harus bilang "YES" terus ya kalau dokter nyuruh gw disuntik...kapan nih gw bilang "NO"?"

nah, baru-baru ini gw baca artikel yang judulnya (orang jawa jangan di baca, tar pusing) :

INTERACTIONAL GROUP DISCUSSION: RESULTS OF A
CONTROLLED TRIAL USING A BEHAVIORAL
INTERVENTION TO REDUCE THE USE OF
INJECTIONS IN PUBLIC HEALTH FACILITIES

gw cantumin copyright nya biar gak dikira "melacurkan" penelitian (semoga kagak salah soalnya gak jelas) ,:
Copyright  $1995 Elsevier Science Ltd.
Printed in Great Britain, all rights reserved
0277-953696$15.00-0.00

well, penelitian ini dilakukan oleh
JOHANA E. PRAWITASARI HADlYONO'· , SRI SURYAWATJ.!
SULANTO S. DANU.! SUNARTONO.) and BUDIOND SANTOSOz

' Faculty or Psychology. Gadjah Mada University. Bulak Sumur Yogyakarta 55281. Indonesia.
Department of Clinical Pharmacology, Faculty of Medicine. Gadjah Mada University, Sekip Yogyakarta
55281. I ndonesia and Medical Officer of the District Medical Office of Gunungkidul. Dinas Kesehatan
DATI II Gunungkidul. DIY. Indonesia

yang intinya nih ya......,
Injection atau disuntik atau di "tubless" sangat sering digunakan di Indonesia. Lebih dari 60% pasien ke rumah medis (jangan lu bayangin rumah sakit aja yaa...) setidaknya menerima satu suntikan yang mana suntikan itu sebenarnya mempunyai resiko medis dan "penambahan" biaya (mbayare nambah...!).

Penelitian ini bertujuan untuk menekan angka senang "disuntik" dan terpaksa "disuntik" menjadi jangan "disuntik"

karena disuntik itu seperti pedang bermata dua,
bisa cepat menyembuhkan dan bisa cepat memberikan efek samping
dan biasanya, pekerja medis gak mau ngejelasin efek sampingnya (mungkin mereka pikir kita ngerti)

diskusi ini ditemukan gejala lembar batu sembunyi "suntikan",
pasien nya ngomong kalau mereka mau disuntik karena terserah dokternya,
lha dokternya bilang kalau pasiennya yang memaksa dia untuk memberikan resep yang berupa suntikan

lucu nya nih, disini disebutkan...ada ibu' yang bilang gini:
"kalau saya belom disuntik itu belom marem (bhs jawa, indo=puas). Setelah diperiksa dokter saya manut dokter, kalau ditawari suntik ya saya mau. Kalau saya sendiri, setelah diperiksa saya ditawari suntik bu. Saya ya terus mau. Saya sendiri berharap untuk disuntik. tapi dokter tidak mau memberikan suntikan, mungkin karena saya lemah. Saya tidak puas"

gile, totalitas amat itu ibu nya, kalau belom disuntik belom "greeeng!"
yang perlu kita garis bawahi,
1. Setelah diperiksa dokter saya manut dokter, kalau ditawari suntik ya saya mau
2. Dokter tidak mau memberikan suntikan.....Saya tidak puas
(yang salah siapa nihhhh?? hahaha...)

kalau udah kaya gini, mungkin ibu itu dan kita harus baca dulu yang ini
.....Suntikan vitamin C untuk kecantikan hendaknya dilakukan secara berhati-hati. Sebab, bila keseringan atau salah penggunaan, bisa berakibat terhadap ginjal. Begitulah kata dokter Spesialis Penyalit Kulit dan Kelamin Sri Rubiati Sembiring. Ia berbicara pada seminar sehari Peningkatan Peran Masyarakat untuk Mencegah Efek Pelayanan Kesehatan di Balai Kartini Bantaeng, Sulawesi Selatan, Kamis (10/11)......(www.metrotvnews.com)

 ---------- SUNTIKAN HENDAKNYA DILAKUKAN SECARA BERHATI-HATI -------------------

jadi ya,
kalau dokter memberikan opsi "suntik",kita gunakan peribahasa malu bertanya sesat dijalan
tanya dulu manfaat dan efek sampingnya...seberapa pentingnya...dan bagaimana dengan kondisi pasien.
jangan asal YES dan OK aja

dan yang lebih penting lagi, kita tau jawaban pertanyaan di awal ulasan ini tadi

Pasien : "Jadi penyakit saya gimana dok?"
dokter: "saya sarankan untuk diberikan tambahan vitamin C, bisa dengan disuntik atau dengan obat"

Pasien: "APA ADA  ALTERNATIF LAIN SELAIN DISUNTIK ATAU DENGAN OBAT?"

kalau kita disuruh menjawab A atau B, 
maka pasti ada C dan D yang lebih baik daripada A atau B. 
cuma kita harus berpikir tenang dan berdoa




1 komentar:

danasahabat.blogspot.com mengatakan...

BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms whatshap 085600125176 BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Burjo! |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.